Senin, 15 November 2010

Tips Optimalilasii Script PHP

Acript PHP memang sudah sangat trend dalam Nimbuzz terutama para Flooder-flooder yang hobi menggunakan Flood WEB. Dalam PHP sebenarnya terdapat beberapa Function yang fungsinya hampiir sama bahkan sama namun kecepatan loadingnya berbeda serta penggunaan memory juga beda.
Berikut adalah beberap tips untuk mengoptimalisasikan kinerja dari script PHP anda:

  1. Untuk menampilkan string, sebaiknya gunakan perintah echo daripada print.
  2. Gunakan function unset() untuk menghapus variabel dari memori, khususnya array berukuran besar, bila tidak digunakan lagi pada proses berikutnya.
  3. Mmm… sebaiknya hindari penggunaan require_once(), karena function ini butuh load memori yang besar
  4. Bila Anda ingin mengetahui kapan suatu script mulai dijalankan, sebaiknya gunakan $_SERVER['REQUEST_TIME'] daripada time().
  5. Untuk mengganti substring, penggunaan str_replace() lebih baik dari preg_replace(). But…. function strtr() malah lebih cepat 4 kali lipat daripada str_replace().
  6. Untuk mencari posisi substring, function yang paling cepat prosesnya adalah strpos(), diikuti preg_match(), dan terakhir ereg().
  7. Lebih baik gunakan switch untuk menyatakan kondisional statement daripada multiple IF, atau IF ELSE
  8. Tutup koneksi database Anda bila sudah tidak digunakan lagi
  9. Untuk memfetch data dari database, sebaiknya gunakan $row['id'] daripada $row[id] karena penggunaan $row['id'] akan lebih cepat 7 kali lipat
  10. Hindari penggunaan function dalam looping FOR, misalnya penggunaan function count() dalam for ($x=0; $x < count($array); $x++)
  11. Penggunaan increment pada properti obyek, misal $this->$x++ menyebabkan proses 3 kali lebih lambat daripada increment pada variabel lokal $x++.
  12. Script PHP akan diproses oleh Apache 2 – 10 kali lebih lambat daripada halaman HTML statis, oleh karena itu usahakan perbanyak penggunaan halaman HTML statis untuk membangun aplikasi web.
  13. Tidak semua script PHP harus dinyatakan dalam bentuk OOP, karena seringnya malah membuat memori penuh. Hal ini disebabkan setiap method dan object membutuhkan memori yang tidak sedikit
  14. Sebaiknya setiap struktur data jangan dinyatakan dalam bentuk class, terkadang array juga berguna untuk efisiensi memori.
  15. Sebaiknya gunakan single quote untuk mengapit string, daripada double quote. Sebagai contoh
    $string = ‘Hello’; lebih baik daripada $string = “Hello”;
Semoga tips di atas useful for you…
Sumber :
http://phplens.com
http://reinholdweber.com
http://skullers.tf.itb.ac.id



NimbuzzFlooder.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar