Selasa, 23 November 2010

Peredaran Spam Capai Titik Terendah

Beberapa waktu belakangan, jumlah penipuan yang muncul lewat jejaring atau media sosial menunjukkan peningkatan yang signifikan.
Penipuan umumnya hadir dalam bentuk peredaran link-link ke situs phising, alias situs palsu yang bertujuan untuk mencuri identitas rahasia pengguna media sosial.
“Jumlah situs phishing yang beredar di dalam jejaring atau media sosial meningkat secara signifikan, mencapai sekitar 80 persen dibandingkan bulan sebelumnya,” sebut Symantec dalam laporannya yang bertajuk Spam and Phising Report November 2010.
Untuk itu, Symantec menyebutkan, pengguna jejaring sosial sebaiknya tidak mengklik pada link mencurigakan yang dikirimkan lewat email atau pesan IM, karena bisa saja akan menghubungkan pengguna ke situs palsu.
“Kami menyarankan pengguna untuk mengetik alamat situs langsung pada browser daripada percaya pada link yang diberikan di dalam pesan,” sebut Symantec.
Pengguna juga disarankan untuk tidak menampilkan alamat email di Internet. Jika perlu memasang informasi alamat email, berikan alamat email alternatif gratisan atau email yang jarang digunakan.
Selain peningkatan jumlah penipuan lewat jejaring sosial, pada laporannya Symantec juga mengungkapkan terjadi penurunan peredaran volume spam secara global. Volume peredaran spam sendiri mencapai titik terendah sejak September 2009.

Sebagai gambaran, pada bulan Oktober lalu, volume spam global turun 22,5 persen dibandingkan dengan Oktober tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2010, volume peredaran spam secara global telah turun lebih dari 47 persen.

Jika dibandingkan dengan data bulan September lalu, penurunan volume spam hanya mencapai 2,79 persen. Walau penurunan hanya sedikit, akan tetapi data-data tersebut menunjukkan tren peredaran spam terus menyusut.

“Secara keseluruhan, spam menyumbang sebesar 86.61 persen dari keseluruhan email di bulan Oktober,” sebut Symantec, pada laporannya, 23 November 2010. “Pada bulan sebelumnya, spam menguasai 89,40 persen dari seluruh peredaran email.”



NimbuzzFlooder.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar