Senin, 14 Februari 2011

Cron pada CentOS 5.4

Bismillah,
Pada postingan kali ini saya akan berbicara tentang cron atau autotask pada sistem operasi CentOS 5.4. Akhir-akhir ini terpaksa bermain dengan yang namanya barang-barang pinguin a.k.a Linux lagi, kalau bukan karena kerjaan juga nggak mau sih sebenarnya (susah juga nyari VPS bagus dan murah yang memberi opsi sistem operasi FreeBSD, rata-rata ngasih opsinya kalau nggak pinguin ya jendela :D ). Saya jadi agak tidak suka mainan barang-barang pinguin ini, gara-gara nggak standar dan setiap distro berbeda confignya lah, ini lah, itu lah capek sendiri ngapalinnya :D masih lebih enak mengurus mesin server yang sistem operasinya menggunakan FreeBSD atau Microsoft Windows Server :) .
Cron pada CentOS 5.4 yang ada pada VPS(Virtual Private Server, CMIIW) yang dipesan ternyata secara default tidak terinstall, hal ini diketahui setelah salah satu script yang akan dijalankan menggunakan cronjob pada server tidak berjalan sebagaimana mestinya. Baru setelah membaca-baca di mana-mana baru diketahui ternyata memang harus menginstallnya terlebih dahulu (doh repot bener ya, udah ngerti juga itu server, knapa juga autotask atau cronjobnya gak otomatis terinstall -_-”)
Untuk mengetahui apakah aplikasi cron pada CentOS 5.4 ini sudah terinstall atau tidak jalankan perintah berikut ini:
# rpm -q vixie-cron
Jika ternyata sudah terinstall tapi masih belum dapat berjalan juga task yang akan diotomasi lakukan pengencekan status dari daemon cronjob dengan mengetikkan perintah berikut ini:
# /sbin/service crond status
jika belum terinstall aplikasi cron ini dengan CentOS 5.4 dengan mudah dapat diinstall dengan mengetikkan perintah:
# yum install vixie-cron
Supaya service cron dapat berjalan otomatis setiap kali server start jalankan perintah :
# chkconfig crond on
Sekian postingan kali ini. Semoga dapat bermanfaat.

 sumber: http://crescenthikari.wordpress.com/2010/04/05/cron-pada-centos-5-4/

Nimbuzz Flooder Community (Flooder Manual Team)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar